Sharing Alumni “A Smart Investor Isn’t a Speculator”

“Investasi adalah usaha penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari”, hal ini diucapkan oleh Dimas Zaki Alkani selagi ketua UGM Stock Club saat memberikan penjelasan mengenai pengertian investasi dalam acara Sharing Alumni  ke-4 yang dilaksanakan pada hari Sabtu (29/7) lalu secara daring. Sebelum sesi pertama Sharing Alumni: “A Smart Investor Isn’t a Speculator” dimulai, Ketua UGM Stock Club membuka acara dengan sedikit pendahuluan mengenai investasi saham. Dimas memulai dengan menjelaskan apa saja keuntungan investasi saham dibandingkan dengan menabung dengan di bank diikuti dengan jenis-jenis saham serta jenis-jenis pasar. Sebelum menutup pendahuluannya, disebutkan juga oleh Dimas mengapa kita perlu mulai menginjak dunia investasi saham dengan beberapa keuntungan dan kesempatan yang dapat diraih.

Acara dilanjutkan oleh narasumber pertama pada sesi 1 yaitu Reza Amaludin yang berprofesi sebagai Budget Planning Analyst di Pertamina Geothermal Energy. Menurut penuturannya kegiatan investasi saham sudah ia lakukan sejak 2018. Pada kesempatan Sharing Alumni Reza Amaludin memberikan materi bertemakan “Belajar Investasi Saham dengan Metode Fundamental Kelas Pemula”. Berbagai hal mengenai investasi saham pun ia bagikan, mulai dari  potensi pasar saham di Indonesia, belajar dari investor yang terkenal, metode analisis laporan keuangan, hingga aplikasi dan buku-buku terkait pasar saham.

Setelah sesi pertama oleh Reza Amaludin, sesi selanjutnya diisi oleh Arief Wicaksono yang menjabat sebagai Deputy General Manager di Meratus Group. Alumni Teknik Industri Universitas Gadjah Mada tahun 2012 ini memperdalam materi Pasar Saham dengan analisis yang teknikal. Beliau menjelaskan beberapa metode perhitungan yang dapat digunakan pada dunia pasar saham, selain itu juga mengajarkan bagaimana caranya membaca pergerakan pada grafik Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Setelah dua sesi yang penuh dengan materi yang bermanfaat, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan kedua narasumber alumni Teknik Industri tersebut. Setelah itu diadakan pula sesi games yang mana pemenangnya diberi hadiah berupa rekening saham.

Acara Sharing Alumni yang berlangsung selama 2 jam ini pun diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan.

 

Alfarasyied Syahrizad

Medinfo ’18

Leave a comment

Your email address will not be published.

Skip to toolbar