OPTIMASI 2020 “Muda Berintegritas, Kembangkan Diri Wujudkan Indonesia  Emas”

Pada Minggu (13/9), telah diselenggarakan acara Opening OPTIMASI 2020 secara daring melalui platform Zoom oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Gadjah Mada dengan tema “Muda Berintegritas, Kembangkan Diri Wujudkan Indonesia  Emas”. OPTIMASI merupakan rangkaian acara yang disusun dan dijalankan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) HMTI yang ditujukan kepada mahasiswa baru Teknik Industri Universitas Gadjah Mada. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk memperkenalkan dunia perkuliahan terutama jurusan Teknik Industri dan membantu mahasiswa baru Teknik Industri beradaptasi ke dunia perkuliahan.

 

Pada OPTIMASI terdapat dua kegiatan, yaitu Acara Filler dan College Buddies. Acara Filler merupakan kegiatan wajib yang dapat memberikan insight mengenai kehidupan perkuliahan, pengenalan HMTI, dan pengembangan diri. Sementara itu, College Buddies merupakan suatu forum diskusi bersama kakak buddies yang bersifat informal dan menyenangkan dengan tujuan untuk berbagi cerita dan informasi mengenai kehidupan perkuliahan. Acara OPTIMASI dimulai dengan acara pembukaan pada 13 September 2020, lalu diikuti rangkaian Acara Filler dan College Buddies dari bulan September hingga November 2020 dan dikahiri dengan acara Closing OPTIMASI 2020 pada 28 November 2020.

 

Acara Opening  OPTIMASI 2020 dibuka oleh MC acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua OPTIMASI 2020 dan Ketua HMTI UGM. Rangkaian acara selanjutnya adalah penjelasaan mengenai OPTIMASI yang dilakukan oleh panita penyelenggara dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Dalam rangkaian acara Opening OPTIMASI 2020, terdapat pula acara seminar dan talkshow yang bertajuk “The Journey as Industrial Engineering Student”. Seminar dan talkshow tersebut dibagi ke dalam 3 sesi yang akan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

 

Sesi pertama dimulai dengan penyampaian materi “The Beginning of The Adventure” oleh Maura Sekar Nurinda yang merupakan mahasiswa Teknik Industri angkatan 2019. Pada sesi ini dijelaskan mengenai perbedaan kuliah dengan SMA dan informasi dasar mengenai perkuliahan. Sesi kedua yang berjudul “The Survival” disampaikan oleh  Asyqor Azza Naufal yang merupakan mahasiswa Teknik Industri angkatan 2018. Pada sesi ini, ia menjelaskan bagaimana cara bertahan dan beradaptasi untuk mahasiswa baru serta hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri saat menjadi mahasiswa.

 

Sesi terakhir acara ini disampaikan oleh Adinda Mutiara Santi, mahasiswa Teknik Industri angkatan 2017 dengan judul “(not) The End”. Pada sesi ini dijelaskan bagaimana kehidupan mahasiswa tahun terakhir dan cara untuk melewati fase-fase perkuliahan. Antusias mahasiswa baru dalam mengikuti acara ini cukup baik, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara pada akhir sesi seminar dan talkshow.

 

Acara Opening OPTIMASI 2020 diakhiri dengan sesi penutupan yang dipandu oleh MC acara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dengan adanya acara OPTIMASI 2020, diharapkan mahasiswa baru dapat menjalani perkuliahan dengan baik dan tetap memiliki semangat yang tinggi  walaupun harus dilakukan secara daring.

 

Zahwa Adistya Wicaksono

Medinfo’18

Leave a comment

Your email address will not be published.

Skip to toolbar