Upgrading Staf HMTI 2017

IMG_2166

Sabtu (8/4), Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Gadjah Mada (HMTI UGM) melaksanakan upgrading di kawasan outbound Bayu Sumilir, Pakem, Sleman, DIY. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus harian dan staf HMTI dari semua departemen. Upgrading merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) HMTI UGM.

Kegiatan dimulai sejak pukul 07.30 WIB yang diawali dengan penyampaian materi oleh Sekretaris Program Studi Teknik Industri UGM, Budi Hartono. Beliau menyampaikan, sebagai mahasiswa para staf HMTI harus memiliki mimpi yang setinggi-tingginya dan berusaha untuk meraihnya. Termasuk diantara usaha tersebut adalah memiliki pengalaman berorganisasi yang dapat diperoleh dengan menjadi staf HMTI UGM.

Menjelang siang, acara diambil alih oleh para trainer dari Bayu Sumilir. Rangkaian kegiatan outbound dimulai dengan tracking atau berjalan-jalan di wilayah sekitar. Selama perjalanan, staf HMTI UGM diajak melakukan berbagai permainan oleh para trainer. Beragam permainan yang dilakukan menguji kerja sama antara anggota dalam kelompok.

Siang hari, setelah beristirahat dan makan siang, para staf HMTI kembali melanjutkan aktivitas outbound. Kali ini, trainer mengajak staf HMTI untuk mencoba beberapa permainan di Banyu Sumilir. Beragam permainan dicoba waktu itu, mulai dari yang menuntut keseimbangan, kerja sama, kekompakan, hingga konsentrasi. Seluruh staf HMTI menujukkan raut muka bahagia dan menikmati setiap permainan yang mereka lakukan.

Beberapa staf HMTI menunjukkan kekecewaannya saat trainer mengumumkan saatnya mengakhiri rangkaian outbound. Para trainer Banyu Sumilir mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan HMTI. Begitu pula dengan para staf HMTI yang berterimakasih setelah dibimbing dan diajak bermain selama satu hari di Banyu Sumilir. Acara diakhiri dengan pengumuman tim terbaik dan berfoto bersama.

“Melalui upgrading ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran mengenai pentingnya berorganisasi di sela-sela kehidupan kuliah,” ujar Yoga Janu Prakoso, ketua pelaksana Upgrading HMTI UGM 2017. Secara khusus, acara ini ditujukan kepada staf baru HMTI UGM agar semakin mantap untuk berkontribusi kepada HMTI dan Teknik Industri UGM. “Semoga HMTI bisa lebih solid, seru, dan menyenangkan,” tambah Janu. [Muhammad Hafid Ridho]