Training Desain HMTI, Sarana Pengembangan Soft Skill

Dokumentasi TD_170506_0005

Suasana pagi hari di Ruang Sidang 1 Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM terlihat cukup ramai. Sabtu (22/4), satu per satu peserta Training Design 2017 yang diselenggarakan oleh Departemen Pers Mahasiswa HMTI UGM berbondong-bondong melakukan registrasi ulang, kemudian langsung memasuki ruangan. Training desain tahun ini menghadirkan Muh. Alvin Zuhry dan Adhira Azhari S., mahasiswa Teknik Industri UGM angkatan 2014 sebagai pembicara. Training design ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa Teknik Industri dalam desain grafis.

Sesi pertama dimulai dengan penyampaian materi oleh Alvin. Ia membahas beberapa elemen penting dalam desain grafis berupa bentuk, warna, tipografi, layout, dan picking resources. Peserta terlihat sangat antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh pembicara. Sesi pertama ini dilanjutkan oleh Adhira yang langsung mempraktekkan penggunaan tools yang disampaikan oleh Alvin di Corel Draw, dan diikuti oleh seluruh peserta. Beberapa waktu kemudian, sesi ini berakhir dan memasuki break time.

Memasuki sesi kedua, Adhira mengarahkan peserta Training Design untuk mereplikasi poster menggunakan Corel Draw. Beberapa anggota Pers Mahasiswa dan Alvin menyebar ke seluruh peserta untuk membantu mereka yang kesulitan dalam proses replikasi poster tersebut. Adhira menuntun peserta tahap demi tahap hingga selesai. Terlihat ekspresi wajah ceria dari peserta yang antusias sekali dalam mengikuti training ini. Kemudian, sesi ini berakhir dan kembali memasuki break time.

Sesi terakhir dimulai. Peserta ditantang oleh kedua pembicara untuk membuat sebuah poster bertemakan ‘Ultah Teknik Industri UGM ke-19’ selama 30 menit. Para peserta langsung mengerjakan posternya sesuai kreativitas masing-masing. Kemudian, poster tersebut dikumpulkan dan dinilai langsung oleh kedua pembicara satu per satu. Setelah mempertimbangkan banyak hal, dipilih dua poster terbaik yang memenangkan hadiah menarik atas nama Sandy Arya Pratama dan Rahma Salsabila Sekar C, Teknik Industri UGM angkatan 2016. Berakhirnya sesi ini menandakan bahwa kegiatan Training Design 2017 ini telah berakhir.

Sandy, salah satu peserta, berkata “Saya mendapatkan materi dan wawasan tentang desain, yang dapat membuat saya semakin handal dalam urusan desain kedepannya. Harapan dari saya sendiri, semoga training desain akan selalu ada kedepannya, karena training desain seperti ini sangat membantu teman teman industri dalam mengerjakan beberapa tugas yang diberikan dosen”, ucap Sandy. “Kalo kendala alhamdulillah gak ada, training juga berjalan lancar sampai selesai”, tambahnya.

Salah satu pembicara, Adhira, saat ditemui setelah kegiatan training desain ini mengatakan bahwa harapannya walaupun peserta tidak pandai dalam desain, minimal mengerti tools paling dasar yang ada di corel draw, seperti apa yang sudah disampaikan pada sesi 1. Lalu pada sesi 2, peserta diharapkan dapat mengerti bagaimana cara menerapkan penggunaan tools-tools yang sudah di sampaikan pada sesi 1. Dan pada sesi terakhir yaitu sesi 3, bagaimana kita dapat mengeksplor sendiri tools yang ada pada corel draw, jika ada event dadakan dan dibutuhkan poster yang segera.

Sebenarnya ada beberapa software yang dapat digunakan dalam mendesain. Namun alasan dari Adhira sendiri mengapa memilih corel draw karena lebih mudah digunakan daripada software yang lain, dan lebih sederhana serta lebih ringan file yang dihasilkan. Kekurangannya software ini hanyalah tidak selengkap software lainnya.

Menurut Adhira, sebenarnya desain itu tidak harus belajar dalam waktu yang lama. Jika sudah ada niat untuk belajar, hanya dengan waktu sebentar saja pasti bisa. [Andi Naura Fakhirah dan Muhamad Adhitya Nugroho]