SPRINT : Lomba Seru Penuh Tantangan

30636

Spirit of Entrepreneur (Sprint) adalah sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Departemen Kewirausahan HMTI. Sprint bertujuan untuk mengeksplor kemampuan dan keilmuan mengenai wirausaha. Peserta diuji kemampuannya dengan menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh panitia di setiap pos dengan benar untuk bisa melewati setiap pos tersebut. Sprint dilaksanakan satu tahun sekali, dan pada 2017 ini dilaksanakan pada Sabtu (6/5) kemarin.

Kompetisi dimulai pukul 8 pagi dari Fakultas Teknik UGM. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh satu panitia. Pertama, peserta diberikan soal pertama, untuk mencapai pos selanjutnya. Pos-pos tersebut berada di Kridosono, Beringharjo, Bandara Adi Sutjipto, dan berakhir di Grha Sabha Pramana.

Setiap kelompok yang terdiri dari 3 orang hanya dibekali uang yang telah ditentukan jumlahnya, untuk bisa melewati semua pos. Berbagai cara dilakukan oleh peserta seperti menumpang kendaraan umum hingga berlari. Kompetisi diakhiri dengan tim Jemparingan yang beranggotakan Naya, Adit, dan Eyndo sebagai juara 1 Sprint 2017.

“Seru sih, apalagi rutenya lebih jauh. Banyak password untuk masuk pos berikutnya sangat susah,” ujar Naya, anggota tim Jemparingan.

“Senang rasanya, tapi kaget juga. Soalnya tidak menyangka. Diawal itu banyak sekali kelompok yang di depan kita,” tambah Naya menggambarkan perasaannya mengikutin acara SPRINT.

Naya berharap Sprint berikutnya lebih baik dengan peraturan yang lebih jelas agar seluruh peserta dapat memahami peraturan yang diberikan dengan baik.

Yutata, wakil ketua departemen kewirausahaan HMTI berharap dari diadakannya acara Sprint dapat mengimplementasikan tujuan dari sprint kedalam kehidupannya sehari-hari. Karena banyak sekali pandangan di luar sana bahwa anak teknik hanya bisa belajar dan mengerjakan laporan praktikum dan sebagainya. Tujuan dari sprint ini salah satunya adalah dapat menunjukan bahwa anak teknik memiliki jiwa wirausaha sosial yang tinggi. [Fakhri Dzikri Ashidqi dan Andi Naura Fakhirah]