[Chronics 2017]

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UGM kembali menyelenggarakan Chronics pada 14-17 September 2017. Chronics yang digelar pada tahun ini bertemakan “Innovate Breakthroughs in Crime Prevention”, tema Chronics tahun ini mengangkat isu tentang pencegahan dan antisipasi tindak kejahatan.

 

Chronics merupakan kompetisi Desain dan Ergonomi Produk se-Asia Tenggara.  Tahun ini menjadi tahun ke sembilan acara ini digelar. Peserta Chronics tahun ini berasal dari berbagai daerah. Lima belas tim terbaik kemudian mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung selama empat hari yang dilangsungkan di Yogyakarta.

 

Serangkaian kegiatan yang diikuti oleh kelima belas tim finalis adalah gala dinner dan cultural night, presentasi proposal dari setiap tim, serta sesi case study. Puncak acara dari Chronics berupa exhibition dan investor pitching session digelar pada hari terakhir, Minggu 17 September 2017. Exhibition ini diadakan di Main Atrium C Jogja City Mall dan diakhiri dengan pengumuman kejuaraan.

 

Third Winner dimenangkan oleh tim Zhafran dengan produk La Fonte Luggage Cover. Second Winner dimenangkan oleh The Apocalypse Team dengan produk FIME (anti-crime helmet). First Winner dimenangkan oleh Monaji Team dengan produk SPANE BAGS sekaligus memenangkan kategori Best Prototype dan Most Favorit Product.

 

“Terbaik. Chronics adalah lomba terbaik dan yang paling beda dari lomba lain yang pernah kami ikuti. Di Chronics, kami harus mengikuti serangkaian kegiatan dan ada pengurangan poin” ujar Bimo, salah satu anggota Monaji Team.

 

“Semoga Chronics terus berlanjut dan menjadi kompetisi produk design paling menarik di Indonesia saat ini. Semoga Chronics kedepannya semakin inovatif dalam membuat konsep acara sehingga bisa lebih menchallenge pesertanya.” pungkas Monaji Team. [Salsabila Miftah Rezkia & Annisa Rizqi Damayanti]