Belajar LGD bersama IE Catalyst

S__87547966

Selasa (9/5) Industrial Engineering Catalyst (IEC) mengadakan Training Leaderless Group Discussion (LGD). IEC merupakan Badan Semi Otonom (BSO) baru di program studi Teknik Industri UGM yang bertujuan untuk mengembangkan softskill mahasiswa teknik industri. IEC juga merupakan wadah diskusi dan berbagi pengalaman antar mahasiswa industri.

Pembicara dalam kesempatan ini adalah Yulisyah Putri D yang mendapatkan kesempatan exchange di Arizona University. Training ini diadakan di ruang M5 Departemen Teknik Mesin dan Industri pada pukul 15.30 WIB. Training ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, mempengaruhi orang lain, dan yang terpenting adalah dapat memposisikan diri sebagai seorang pemimpin nantinya.

Training diawali dengan presentasi tentang apa itu LGD dan perbedaannya dengan FGD. LGD sering kita temukan nantinya sebagai salah satu kegiatan dari rekuruitmen beasiswa, student exchange, dan penerimaan pekerja dikarenakan yang akan dicari dalam dunia kerja nanti adalah orang yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik di tempat kerjanya.

Di dalam LGD akan terdiri dari participant dan assesor, yang selanjutnya akan dibagi menjadi beberapa grup yang terdiri dari 8-12 orang. Assesor akan memberikan studi kasus yang biasanya merupakan isu-isu terkini dan sedang hangat diperbincangkan. Penilaian dalam LGD bergantung kepada keputusan assesor sebagai penilai, tetapi kebanyakan kriteria penilaian yang digunakan akan meliputi jenis konflik grup, organisasi waktu yang ada di dalam grup, analisis permasalahan, cara membuat keputusan, tingkat partisipasi, kualitas diskusi. Selain itu terdapat faktor penilaian lain yang juga perlu diperhatikan seperti sikap selama diskusi, diantaranya mendengarkan pendapat orang lain, antusiasme, dan pemahaman tentang isu-isu terbaru.

Setelah presentasi selesai, dilanjutkan dengan sesi sharing pengalaman dari para peserta dan tanya jawab. Acara dilanjutkan dengan studi kasus dimana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang memiliki sejumlah kasus yang harus didiskusikan secara bersama. Peserta merasakan langsung bagaimana suasana dalam LGD sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Di akhir acara, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sesuai topik yang diberikan.

“Diakhir acara kakak-kakak sharing pengalaman mereka yang pernah mengikuti lomba dengan LGD, agar nanti jika angkatan 2015 dan 2016 ingin mendaftar sudah mengerti prosedur pendaftarannya, jadi sudah ada persiapan dari awal”, ucap Mirfan, salah satu mahasiswa 2016. [Rikqy Cahyo D dan Salsabila M Rezkia]

IEC akan menyelenggarakan rekrutmen terbuka dalam waktu dekat. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui media social IEC.