INDUSTRIAL WORKSHOP 2017

Industrial Workshop 2017 kembali digelar tahun ini dengan tema “Predicting Customer Behavior through Data Mining to Enhance Market Strategy”. Seminar yang diadakan pada Sabtu dan Minggu, tanggal 9 dan 10 September 2017, ini menghadirkan pembicara-pembicara yang sudah mumpuni di bidang Data Mining.  Pembicara-pembicara tersebut diantaranya Chao Lung Yang, Ph. D, Andi Rahadiyan Wijaya, Ph. D, Mohammad Guntur, Ignasius Bayu Purnama, S. T., MMSI, dan Mauliandy Nasution. Seminar ini berlangsung selama dua hari dengan mayoritas peserta berasal dari kalangan mahasiswa.

Sesi pertama seminar dimulai dengan penyampaian materi oleh Chao Lung Yang, Ph. D, seorang Associate Professor Department of Industrial Management National Taiwan University of Science and Technology. Beliau menjelaskan tentang Big Data, Valve of Data Analysis, serta Customer Behavior Analytics.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Mohammad Guntur, SVP Enterprise Data Managemment Bank Mandiri. Beliau menjelaskan peran big data bagi Bank Mandiri dalam memahami pola transaksi nasabah, meningkatkan mutu manajemen data nasabah, serta menginvestasi dan mencegah aksi pishing dalam jaringan transaksi antar nasabah.

Setelah istirahat, seminar dilanjutkan dengan sesi materi oleh Andi Rahadiyan Wijaya, Ph. D, dari Department of Mechanical and Industrial Engineering Universitas Gadjah Mada. Beliau menjelaskan tentang keuntungan dan keterbatasan dari penggunaan data mining, serta mengkaitkannya dengan contoh-contoh menarik maupun isu-isu nyata dikehidupan sehari-hari.

Hari kedua Industrial Workshop 2017 juga tak kalah menarik. Awal kegiatan dimulai dengan adanya studi kasus yang dikerjakan secara berkelompok dan dipilih lima kelompok terbaik untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka. Seusai jam istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan sesi talkshow oleh Mauliandy Nasution, Director-Market Development General Electric Indonesia. Beliau menjelaskan mengenai peran big data pada GE. Sesi talkshow dilanjutkan oleh Ignasius Bayu Purnomo, S. T., MMSI. AVP Data Profiling X Analytic Divisi Management Data BNI.

“Kesan dari Industrial Workshop tahun ini, menurut saya acaranya sangat terstruktur, bagus, rapih, dan terlihat professional, makanya kenapa saya ikut lagi tahun ini. Mungkin tahun depan saya akan ikut lagi. Harapan saya akan ada pembicara-pembicara  internasional lagi, dan mengangkat isu-isu terbaru dan lebih global.” ujar Todi, salah satu peserta.

Salah satu pembicara, Andi Rahadiyan W, Ph. D., menyampaikan “Perasaan saya tentu saja senang, karena Industrial Workshop merupakan sejarah panjang dimulai dari Etnographic Design. Kalau dulu bagaimana mensinkronkan antara bidang TI yang masih abu-abu yang berkolaborasi dengan teman-teman sastra dan sebagainya yang menimbulkan suatu hal yang menarik yaitu Etnographic Design. Tema tahun ini menurut saya sangat menarik, dan saya merasa sangat terhormat bisa bergabung. Saya harap kedepannya bisa mencari topik-topik yang relevan dan melibatkan pihak yang lebih luas lagi. Saya berharap nantinya Industrial Workshop menjadi acara yang Internasional, dan tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, namun juga dapat diikuti oleh peserta dari bidang industri.”

Kegiatan Industrial Workshop hari kedua pun diakhiri dengan penyerahan hadiah untuk tiga kelompok terbaik dalam sesi studi kasus dan foto bersama. Robertus, ketua panitia Industrial Workshop 2017 mengaku tidak menyangka acara yang sudah dipersiapkan sejak delapan bulan lalu dapat berjalan dengan lancar. “Harapannya untuk IW tahun depan, semoga lebih baik dari tahun ini, karna menurut aku masih banyak celah-celah yang dapat diimprove supaya lebih baik.” ujar Robertus. [Andi Naura F & M Adhitya Nugroho]